CARA-CARA DASAR BELAJAR MENGEMUDI
Langkah awal :
Anda harus benar-benar tahu tentang
kondisi mobil yang anda mau di pakai belajar/belajar mengemudi,, apa sudah
sehat atau tidak dalam masalah dalam kondisi mesin.Rem, Kopling, (untuk mobil
manual), Atau pun Areal yang anda mau pakai bila semua sudah memenuhi syarat
atau setandart keselamatan maka mulailah dengan sekarang.....
1.Sebelum menyalakan mesin mobil
alangkah baik nya anda mengoreksi kondisi tongkat prosneleng ( stiek prosneleng).posisikan
pada posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3 dan
4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang kekanan dan kekiri serta kedepan dan
kebelakang. Di akan mempunyai ruang lebih banyak atau lebih luas posisikan di
tengah-tengahnya.Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol,
anda sudah mencapai posisi aman dalam tahap awal
2.Untuk tahap berikutnya periksa kembali
HANDREM atau rem tangan yang
berposisi di sebelah kiri tempat duduk sopir atau di tengah antar posisi kursi
sopir dan penumpang yang di sebelah kiri,namun bila type mobil anda yang tahun
agak tua maka posisi rem tangan tersebuat berada di sebelah depan di bawah
kemudi sebelah kiri SETIR mobil anda pastikan terlepas dari fungsinya( turunkan
tuasnya )
3.Bila posisi di atas sudah anda kuasai
maka mulailah dengan posisi duduk di belakang kemudi dengan nyaman,senyaman
mungkin,karena posisi tempat duduk kita akan berpengaruh untuk kenyamanan
mengemudi kita baik pada saat belajar ataupun bagi anda yang sudah bisa dalam
mengemudi bersandarlah ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan
memajukan badan terlalu kedepan dengan tujuan ingin melihat secara sepenuhnya
untuk jangkauan pandangan kedepan mobil, lalukan dengan seharusnya saja jangan
di paksakan pandangan kita, majukan dulu bila jangkauan kaki kiri anda belum
bisa menggapai pedal kompling secara pas dan benar/secara full.Atau mundurkan
bila kaki kiri atau lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan
pegangan tangan kita di posisi stir.Karena akan berpengaruh sekali pada saat
anda melakukan putaran setir, tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok
mobil kita sendiri, ahirnya kita tidak bisa melakukan pemutaran setir dengan
maksimal cepat dan tepat pada saat kita memasuki tikungan atau menghidardari
rintangan
4.Pastikan pegangan tangan kita di
posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik nol
tersebut yaitu kita bisa lihat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi
lurus dan pasti posisi setir kita akan berada di posisi titik nol
pula, cara yang ke dua putarlah posisi
stir tersebut full kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu
kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat
ada pada posisi T
5.Kalau sudah siap semuanya instruksi
di atas maka mulailah anda menghidupkan mesin kendaraan (mobil) putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu
tahap dulu maka biasanya akan terlapas dulu dari posisi kunci setir, putar lagi
maka anda melihat di sepido meter mobil anda ada beberapa yang akan menyala
dengan warna merah atau oranye namun di posisi tersebut kondisi mesin mobil
belum bisa hidup, lalu putar lagi keposisi kanan , maka secara sepontan anda
akan merasakan perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin
mobil anda . AWAS
kami harap anda jangan dulu langsung
menghidupkan Audio mobil anda,karena kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam mengemudi.
|
6.Langkah selanjutnya. Posisikan kaki
kiri anda di posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah kiri sendiri
karena di bawah ada 3 pedal . Posisi
kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal
kopling saja tidak bisa berpindah ke posisi pedal yang lain baik Rem maupun
pedal gas hanya satu tugas yaitu kopling
dan kaki kanan mulailah mencoba
untuk menenkan padal GAS dengan
lembut, bedakan dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan anda harus
tahu itu .Bila berada di posisi aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba untuk menekan posisi
pedal Rem supaya mobil anda tidak
bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak datar /
tidak rata
7.Terus tekan pedal Kopling dengan full
dan tekan pedal Rem secukupnya . Lalu masukan Posisi prosneleng keposisi kiri,
atau anda tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke arah
depan bila anda menginnginkan untuk melaju tongkat prosneleng ke arah kedepan,
namun bila anda menginginkan untuk melakukan mudur maka tahan posisi kanan
sampai mentok lalu anda tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang
agak khas dari posisi prosneleng atret ( krek)
8.Posisikan kedua tumit anda yang
menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai body Mobil karena itu
akan sangat membatu sekali . Lalu angkat ujung kaki kiri anda secaha perlahan
sekali rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa
merasakan perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil
pengangkatan dari kaki kiri maka mulailah anda mengangkat sedikit demi sedikit
kaki kanan anda dari pedal Rem dengan catatan semua tumit kaki harus tetap
berada di posisi lantai mobil
9.Bila mobil anda sudah mulai bergerak
jangan terburu-buru untuk melakukan pelepasan akan semuanya baik pedal Kopling
tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dulu stanbay di
posisi Rem , sampai anda bisa merasa rilek dan sedikit tenang serta bisa
sedikit menikmati laju dari mobil tersebut.
10.Bila anda sudah mersakan sedikit
ketenanngan dan bisa mengemudikan mobil itu dengan rilek walaupun tampa adanya
GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan sedikit demi sedikit
lepaskan pijakan kaki kiri anda yang berada di posisi kopling angkat habis atau
lepas habis namun dengan catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal
kopling dengan kondisi tumit sebagai tumpuhan tanpa adanya tekanan sedikitpun
pada posisi pedal kopling tersebut dan kaki kanan mulailah untuk berpindah pada
pasisi pedal gas .AWAS pijakan kaki
kanan di posisi Gas tidak boleh
bertenaga atau anda harus menekan melakukan penyentuhan dengan lembut topangkan
kaki kanan tersebut di atas pedal gas tampa adanya tenaga untuk menekanya, maka
hasilnya saya pastikan hasil dari setuhan kaki kanan tersebut akan menimbulkan
dengungan mesin yang halus sentuh sedikit demi sedikit. Tergantung anda
menginginkan seberapa laju mobil yang anda kemudikan.,namun tentunya cukup
pelan saja
11.Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG
langkah aman lakukan pemutran stir dengan tenang dan jangan lupa tekan kopling
di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki kanan posisikan
stanby di posisi REM semua itu untuk
menjaga agar anda tidak gugup bila menemukan sesuatu yang dapat membuat anda
kaget saat anda mendapat rintangan setelah masuk ke posisi tikungan. Dengan
demikian anda akan dengan sigap dan reflek akan menginjak dua pedal yang sudah
anda jaga, KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besar kemungkinan
anda akan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti akan
fatal.trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali
menimbulakan kecelakaan di posisi menikung
AWAS
Pahami dulu isi dari petunjuk kami dan
hafalkan jangan belajar mengemudikan mobil sambil membaca.
Cara ini tidak berlaku untuk mobil
merek MERCY atau BMW di karenakan ada perbedaan di posisi prosneleng atretnya.
|
Selasa, 11 Februari 2014
CARA-CARA DASAR BELAJAR MENGEMUDI
di
03.17
Diposting oleh
Unknown
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Blog Archive
-
▼
2014
(28)
-
▼
Februari
(15)
- Bagaimana menginstal template Blogger dengan mudah
- Adu Kuat PS4 dan Xbox One
- download lagu new cobra terbaru
- 18 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Iingat Anda
- Asal Mula dan Arti kata "Jancok"
- CARA MUDAH MENGHILANGKAN IKON OBENG&TANG
- Smartfren Andromax T
- bela diri paling mematikan
- Cara Mengganti Cursor Windows
- Tombol Jalan Pintas(sortcut) pada Keyboard Windows
- 8 Kelemahan Android yang Masih Sering Dikeluhkan P...
- CARA-CARA DASAR BELAJAR MENGEMUDI
- Cara Belajar Efektif dan Mudah Paham
- Cara Menghilangkan/Membersihkan Karat Pada Lapisan...
- Cara Mengganti Loyout Facebook :)
-
▼
Februari
(15)
Blogger templates
Popular Posts
-
Cara Menghilangkan/Membersihkan Karat Pada Lapisan Krom/Chrome Lapisan krom adalah suatu lapisan dengan tampilan warna seperti...
-
new cobra all album mp3 downloa d Tresno Waranggono - Yusnia Paramitha - New Cobra Vol 13 2013 mp3 download | ...
-
Cara Membuat Situs Jejaring Sosial Gratis Pernah kepikiran bagaimana cara membuat situs jejaring sosial seperti Facebook , Twitter , M...
-
Bagaimana menginstal template Blogger? Jika Anda menggunakan Tampilan Dinamis, Anda harus terlebih dahulu pergi ke Desain (Dasbor → Tem...
-
Wi-fi (wireless fidelity) adalah salah satu cara untuk mengakses internet tanpa kabel. Dengan Wi-Fi, admin jaringan tidak terlalu repo...
-
18 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Iingat Anda 1. Tarik Nafas Dalam-dalam. Dengan bernafas melalui hidung anda bisa meningkatkan fungsi ...
-
Sistem operasi mobile dikenal dengan sebutan platform, perangkat lunak untuk mobile, sistem operasi genggam adalah sebuah program yang...
-
Samsung Galaxy Ace 3 General 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - all versions 3G Network HSDPA 900 / 2100 - GT-S727...
-
Download Kumpulan Lagu Mp3 Reggae Indonesia Terbaik Part1 Another Project Another Project - A What is a Revolution Another Project...
-
Perbedaan New Satria F150 dan Suzuki Satria F150 Fighter 1 Perbedaan New Satria F150 dan Suzuki Satria F150 Fighter 1 - PT Suzuki...
Blogger templates
Blog Archive
-
▼
2014
(28)
-
▼
Februari
(15)
- Bagaimana menginstal template Blogger dengan mudah
- Adu Kuat PS4 dan Xbox One
- download lagu new cobra terbaru
- 18 Cara Ampuh Meningkatkan Daya Iingat Anda
- Asal Mula dan Arti kata "Jancok"
- CARA MUDAH MENGHILANGKAN IKON OBENG&TANG
- Smartfren Andromax T
- bela diri paling mematikan
- Cara Mengganti Cursor Windows
- Tombol Jalan Pintas(sortcut) pada Keyboard Windows
- 8 Kelemahan Android yang Masih Sering Dikeluhkan P...
- CARA-CARA DASAR BELAJAR MENGEMUDI
- Cara Belajar Efektif dan Mudah Paham
- Cara Menghilangkan/Membersihkan Karat Pada Lapisan...
- Cara Mengganti Loyout Facebook :)
-
▼
Februari
(15)
0 komentar:
Posting Komentar